Agustusan di Kampoeng Halaman

15 Agustus 2016

Yapz, Alhamdulillah hari ini dah bisa shalat lagi. Itu artinya, pertengahan bulan Dzulqa’dah ini insya Allah masih diberi izin untuk menyucikan diri lagi dengan puasa. Hmm, agustusan besok puasa nih berati, kudu kenceng minum pas sahurnya, soalnya bakal jadi panitia lomba. Hehe,,

Seneng gaes, bisa ikut andil di acara kampung gini. Seenggak-enggaknya mengobati sedikit rasa rindu pada kampung Jawa. Di tulisan kali ini aku ingin berbagi tentang gimana sih orang kampung gue nyiapin agustusan.

Malam minggu lalu, supaya para jomblo muda sejenis aku ini ga galau, Pak RT mengundang kami semua, para warga RT. 12 Bontang Barat buat rapat ngebahas Agustusan. Pak lurah sempet dateng lhooo, ya ampuun lurah gue tjakeep bangetzzzzz, macam Sakh Rukh Kan gitu, tinggi besar mancung muka India. Aduuh ni Ibu2 yang hobi nonton AnTV pasti seneng banget kedatengan beliau yang bak artis India. Dari malam itu, gue udah heran, dan penasaran, siapa sih nih Pak Lurah, kok omongannya berkelas banget, ngena gitu ke orang kampung tapi cerdas. Nah, pas Beliau pamitan baru dah ngeh kalau ni orang yang gue liat di awal pertemuan tadi ternyata lurah. Cakeeep Bro, bisa deh jadi lurah idaman, hihihi.. sering2 aja diundang ya Pak eRTe,, ahahahah

Yapz intinya, malam itu Pak lurah bilang kalau dana pemerintah untuk tahun ini dipotong 800 Milyar, jadi agustusan belum bisa kucurin dana. Silahkan pakai dana masing2 nanti kalau ada ganti dan bisa diganti, insya Allah diganti. Walhasil, diambil keputusan kalau tiap KK kudu nyumbang 50rb buat agustusan. Tau kan yang namanya keputusan pasti ada pro kontranya.. Kite2 yang kebagian narik iuran kudu tebel muka bro,, kalo a, makan atii, hihihi, tapi tenang kok, cuma sebagian warga yang ngeluh, ga banyak juga yang cari alesan buat ga iuran. Well, ga papa lah ya, kan ekonomi tiap oorang beda2. Kita maklum kok.

Iuran beres, saatnyanih gue laporan. Pasca laporan usai, kita tetiba aja ngebahas persiapan lomba. Nah, di sini nih, gue dibuat lebih heran lagi ama nih orang-orang. Buat gue, lomba agustusan yah lomba yang biasa dilakuin di Indonesia Raya gitu bro. Yah, kampung gue juga gituh awalnya. Tapi setelah tadi diulas lagi, ternyata ada beberapa lomba yang ga memenuhi kriteria safety, edukatif dan islami. Lomba balap karung harus dihapus dari list lomba yang bakal diadakan, pertimbangannya kita bakal bayar lebih mahal kalau sampe anak orang kepalanya bocor gegara ni permainan. Eh, kok bisa? secara ya Bro, kampung gue sekarang udah g punya tanah lapang. Nah, ini lomba2 bakal diadain di depan rumah Pak RT yang konon semua jalan kampung kami plesteran. Yah, jadi resiko besar dah. Nah, daripada rugi bandar, ya udiiin, kagak usah diadain. Satu lomba lagi yang kagak jadi diadain ntu lomba makan kerupuk. Konon, ini lomba dinilai menyalahi aturan islam yang nganjurin ummatnya buat makan ga sambil bediri. Nah, lu tau sendiri kan belum pernah nemu dalam sejarah, makan kerupuk sambil duduk, ntar deh kapan2 gue yang adain hehe… Oh ya., pemirsa tau lomba gigit koin? lomba ini pun ikut dihapus dari deretan lomba agustusan. Tau kenapa? Noh Ibu2 takut ada yang keselek ntar ketelen tuh koin, di sisi lain dinilai tidak ada sisi edukatifnya. Hmmmm

Ya ampuun,, sejauh ini yaak pemikiran orang kampung gue buat ngadain lomba agustusan? Kebayang ga sih kalo isinya orang kampung ituh cerdas2 kayak gini, Indonesia pasti maju dan aman. Love banget nih ama nih kampung.,, bener2 seprinsip ama jargonnya kota Bontang, TAMAN, Tertib, Agamis, Mandiri, Aman, dan Nyaman.

Finally, lomba apa aja nih yang bakal ada di kampung gue?

Buat TK & Playgroup (Lomba pakai kaus kaki, acak sandal, dan masukin bendera ke botol)

Buat SD Kelas 1-3 (Lomba Sendok kelereng, Memasukkan air pakai gelas ke dalam botol, dan Memasukkan pensil ke dalam botol)

Buat SD Kelas 4-6 (Lomba pecah aer dalam plastik, lomba susun huruf, dan lomba kapal tenggelam)

Buat SMP & SMA (Lomba pecah aer dalam plastik dan lomba susun huruf)

Hahaha, alsannya permainan ini kudu nyentuh kognitif, motorik, dan sensorik anak, tapi tetap ceria. Asyeeektzz,,, Mudahan lancar yaak,,, yuk mari berkunjung.

Salam Dirgahayu ke-71 Indonesia!!!!!!

Leave a Reply

