Visa Taiwan

Demi kenyamanan teman-teman yang sering bertanya terkait Visa Pelajar ke Taiwan, Izinkan Saya mengupdate beberapa hal terkait tulisan saya mengenai Visa Taiwan pada 2 tahun lalu di Blog ini.

Samarinda, 05 Juni 2017

Alhamdulillah, jika akhirnya tulisan ini menjadi bermanfaat bagi teman2 semua nantinya.Tulisan ini saya buat dengan merevisi tulisan dari Mz Afrizal, senior saya di Central Taiwan University of Science and Technology. Semoga apa yang kami sampaikan, dapat bermanfaat buat yang membutuhkan. Aamiin. Supaya lebih yakin dan lebih lengkap, berikut dilampirkan link mendaftar, dan link persyaratan untuk teman2 yang akan melanjutkan studi S1, S2, atau S3.

Sebenarnya, ada jalan mudah buat kamu yang ingin melanjutkan studi ke negeri Formosa ini buat dapetin Visa pelajar, yakni melalui agen. Tulisan ini dipersembahkan buat kamu yang memiliki waktu lebih dan kesempatan untuk berjuang sendiri mendapat Visa pelajar yang kamu butuhkan.

Kita mulai ya…

Pertama, dimulai dari asal sekolah kamu. Apa yang perlu dipersiapkan?

Ijazah dan Transkrip Akademik yang asli (bukan legalisir/fotokopi), 100% asli deh yang dikasih kampus ke kamu. Khusus kamu yang s1-nya ambil jurusan kesehatan, bisa dipersiapkan ijazah S1, Ijazah Profesi (Ex: Ners), dan Transkrip nilai.

Nah, selanjutnya dokumen ini dibawa ke lembaga penerjemah tersumpah (Authorized Translation) yang berada di kota ataupun daerah kamu untuk diterjemahkan ke Bahasa yang direkomendasikan oleh negara tujuan (Alhamdulillah di Taiwan diperbolehkan diterjemahkan ke Bahasa Mandarin atau Inggris).

Satu nih yang musti diperhatikan, pastikan lembaga penerjemah sumpah yang kamu tuju terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI (legal secara hukum). Buat kamu, para pelajar yang berada di Yogyakarta, kami merekomendasikan buat terjemahin dokumen kamu di

“PeMad International Translation”

Jl. Damai Mudal RT 01/19, Sariharjo, Ngaglik, sleman, Yogyakarta 55581Indonesia Phone : +62 (0) 274 889 576, Fax : +62(0)274 889 320, Email : pemad@indo.net.id, info@pemad.or.id, Website : www. pemad.or.id.

atau bisa langsung kontak salah satu karyawannya di +62 813 28000 5322 (a.n. Mba Catur). Patokan mudahnya menuju ke sana adalah, Ayam Penyet Surabaya di Kiri jalan kalau kamu dari arah bawah, pertigaan aya itu, kamu masuk jalan luruuuuus aja sekitar 1,5 KM. Ntar nemu perempatan kecil, di pojoknya ada rumah lama dengan pekarangan yang cukup luas. Di depannya ada Plang “PeMad Translation”, masuk deh ke dalam. Untuk biaya terjemahan terupdate Rp. 85.000 per lembar hasil. Kalau lagi ga ngantri, 3 hari bisa jadi. Biaya ini lebih murah lhoo jika dibandingkan dengan translasi di Jakarta. hehe,,,

Kedua, setelah ijazah dan transkrip selesai diterjemahkan, itu dokumen disimpan baik-baik dulu untuk langkah selanjutnya. Setelah ijazah dan transkrip terjemahan selsai urusan, fotokopi tuh dokumen untuk dilegalisir oleh notaris yang ada di kota/dareah kalian masing-masing. Eits, INGAT !!!! pastikan notaris yang kamu tuju adalah NOTARIS yang terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI. Kalau kamu mau dapat info tentang notaris ini, kamu bisa lihat di website-nya KEMKUMHAM. Kenapa sih kok kayaknya ribet banget syaratnya? Semua demi kebaikan kita, agar kelak tak ada masalah dengan pihak hukum manapun.

Buat kamu, para pelajar yang ada di Yogyakarta, untuk memudahkan legalisasi, setelah selesai ambil dokumen terjemahan di “PeMad Translation” kamu turun aja ke Jl. Kaliurang KM 7,5 No. 79, ntar kiri jalan ada Notaris yang pasang plang cukup gede dengan tulisan “Notaris DR. Winahyu Erwiningsih, S.H” atau bisa kontak di +62 274 883 214/ +62 812 2702 671 (a.n. Mas Yuda). Ga perlu nunggu lama, setengah hari jadi, dan pastinya murah,,, biayanya Rp. 10.000/ dokumen legalisir.

Ketiga, Tahapan ini kita mulai saat kita berada di Jakarta. Masih kuat kan untuk berjuang? Fighting ya Bro… ini baru awal, hehehe… Tahap pertama di Jakarta adalah legalisasi di KEMKUMHAM.

Nah, untuk urusan beginian, lebih baik menggunakan transportasi umum yang ada. Tapi INGAT!! Jaga Barang Bawaan Anda sebaik-baiknya., Untuk pergi ke KEMKUMHAM, temen-temen bisa pakai Busway (Trans Jakarta), biaya Rp. 3.500 sekali naik ambil jurusan GOR Sumantri. Sampai di Halte Gor Sumantri, tanya aja petugas Trans Jakartanya, di mana letaknya KEMKUMHAm. NAnti akan ditunjukkan arahnya. Ga jauh kok sob, cukup jalan kaki sedikit dari jembatan naik turun gitu, hehehe, Kalau dah sampai di KEMKUMHAM, langsung cari Gedung Administrasi Hukum Umum (AHU). Untuk menghindari calo, langsung aja bilang satpam mau legalisir ijazah. (Satpam yang di dalam ya,,, ntar langsung diambilin nomor antrian untuk menuju loket nomor 11).

Apa nih yang kita kasih ke petugas di loket no. 11? Fotokopi Ijazah dan Transkrip terjemahan yang sudah dilegalisir oleh notaris dan materai 6000 sesuai jumlah dokumen yang dilegalisir.

Misalnya untuk ners, fotokopi ijazah s1, ijazah Ners, dan Transkrip, berati ada 3 materai yang perlu disiapkan. Persiapkan dari rumah aja materainya, lebih hemat ^^. Di KEMKUMHAM ini kamu akan menghabiskan Rp. 25.000/ dokumen yang dilegalisir ditambah Rp. 5.000 untuk biaya adminstrasi. Misalnya jika dokumen seperti contoh di atas, maka uang yang akan kamu habiskan adalah Rp. 25.000 x 3 + 5.000 (Total Rp. 80.000). pembayaran langsung aja di Bank BNI yang letaknya ga jauh dari loket 11 itu.

Untuk di KEMKUMHAM, legalisir jadi setelah 2 hari kerja. Ini yang perlu diingat dan diperhatikan, 2 hari kerja itu 2 hari kerjanya KEMKUMHAM, yakni Senin-Jum’at Pukul 09.00-15.00. Jadi, kalau teman-teman memasukkan berkas pada hari Jum’at, maka legalisir akan jadi setelah ahri senin atau selasa. Tanyakan saja pada petugas yang di loket nomor 11 itu untuk pastinya.

Keempat, capek juga ya Bro, But, jangan patah semangat ya… dah hampir selesai kok.. 🙂 Selanjutnya, berkas yang sudah dilegalisir oleh KEMKUMHAM tadi kita bawa ke Kementrian Luar Negeri (KEMENLU). Buat apa? Untuk legalisir juga pastinya,,, Karena ijazah ini akan dipakai di luar negeri, oleh karena itu harus dapat legalisir juga dari KEMENLU.

Nah untuk menuju ke sana, naik aja Trans Jakarta ke arah Jalan Pejambon (Deketnya RS Tentara), biasanya kita harus transfer di halte Pasar Senen untuk menuju ke arah Pejambon tersebut. Nah, di halte ini sering sekali terjadi kecopetan.

Berhati-hatilah agar tidak jadi korban, jangan sampai pikiran kosong dan jaga terus barang bawaan,,, (Pengalaman kecopetan di situ soalnya, hehehe)..

Sampai di Halte Kemlu, kamu turun aja, trus jalan ke dalam dan tanyakan satpam di mana letak Gedung Konsuler lantai dasar. Jangan lupa siapkan Materai 6000 untuk dokumen yang dilegalisir ya.. Dokumen yang kita serahkan adalah dokumen yang tadi kita ambil dari KEMKUMHAM (jadi Fotokopian ijazah dan transkrip yang sudah dilegalisir Notaris dan KemKumHam). Biaya legalisir Kemenlu Rp. 10.000/ dokumen, untuk prosesnya bisa jadi 2 hari, bisa jadi 1/2 hari, tergantung hasil Lobi dan keberadaan orang yang melegalisir. Pengalaman ane nih waktu itu yang legalisir lagi pergi ke Jepang, jadi ane harus nunggu 2 hari buat legalisir itu jadi.

Kelima, Dah jalan ke mane aje nih selama di Jakarta? Hehehe,, selama menunggu semua proses berlangsung, teman-teman bisa melakukan tes kesehatan di Instansi yang disetujui oleh Taiwan Economic and Trade Office (TETO).

Formulir Check-up dapat didownload di sini. Daftar Instansi Kesehatan TETO dapat dilihat di sini atau di sini (Update TETO Juni 2014).

Nah, kalo kamu pengen cek kesehatan di Jakarta, kami sarankan datang aja ke

Klinik As-Sa’adah (Jalan tebet Timur Dalam Raya No. 58 dekat pasar PSPT telp. 021 829 7255) ntar bilang aja mau tes kesehatan untuk visa pelajar Taiwan.

Biar mudah menuju ke sana, naik aja ojek, atau kalau udah lihai naik Trans Jakarta, bisa juga tapi ya gitu bakal oper-oper kawand,, hehehe).

Ingat yaa,,, buat yang mau apply visa Resident (Study di Taiwan), RS/Instansinya cek dulu di websitenya TETO.

Kalau kamu tes kesehatan di klinik As-sa’adah, kamu ga perlu mendownload formulir medical check-up dari website, karena pihak As-sa’adah sudah menyiapkannya, tinggal ikuti aja alur pemeriksaannya. Btw, di as-sa’adah termasuk murah, karena paket tes kesehatannya menghabiskan Rp. 400.000 untuk semua tes.  Hasil tes bisa diambil keesokan harinya di atas jam 10 pagi (Hemat waktu kan, hehehe).

Nah, selanjutnya hasil tes kesehatan tersebut kita bawa ke Notaris yang terdaftar di KEMKUMHAM untuk di – Wa-Marking. Lagi-lagi notaris, lagi-lagi notaris, hehhehe, siapa tau aja jodoh ama notaris yang ngurus, hehe,, Biar gampang dan ga jauh-jauh, teman-teman bisa pergi ke notaris yang ga jauh dari klinik As-saadah itu, bilang aja mau Wa-marking, 5 menit jadi, biayanya sekitar Rp. 75.000 kalau belum berubah. (Bilang aja sudent gituh,,)

Keenam, Eh, alhamdulillah berkas di KemenLu dah jadi nih, Hasil tes kesehatan juga dah ada dan di-Wa-marking oleh notaris. sekarang saatnya legalisir dokumen ke TETO. Apa aja yang perlu dilegalisir?

  1. Fotokopi Ijazah dan transkrip terjemahan dari penerjemah tersumpah.
  2. Fotokopi ijazah dan transkrip terjemahan yang sudah dilegalisir KEMKUMHAM dan KEMLU.
  3. Hasil Medical Check Up (Tes Kesehatan) yang sudah di Wa-marking notaris.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan untuk legalisir di TETO adalah sebagai berikut :

  1. Isi formulir permohonan yang ada di loket.
  2. Lampirkan Dokumen Asli.
  3. Lampirkan Fotocopy Paspor.
  4. Lampirkan fotokopi Surat Tanda diterima di kampus Taiwan (LOA/Letter of Acceptance) yang asli dari Universitas tempat teman melanjutkan studi ya…
  5. Lampirkan Dokumen yang akan dilegalisir (3 dokumen di atas).

Nah untuk di TETO, kita akan mengeluarkan cukup banyak biaya, karena kita akan mengeluarkan Rp. 150.000/ dokumen yang dilegalisir dan Rp. 80.000 untuk fotokopi yang dilegalisir. Oh ya, kalau mau menuju ke TETO, naik aja Trans Jakarta ke arah Jalan Sudirman, turun di halte POLDA , jalan dikit ke kawasan perdagangan Jl. Sudiman, ntar ada Gedung Arta Graha di sebelah Pacific Place. karena ini merupakan gedung resmi, teman-teman harus menyiapkan identitas diri untuk masuk ke gedung ini, dan yang tidak berkepentingan hanya bisa menunggu di luar. Sampai di gedung, cari lift yang menuju ke lt. 12, nanti langsung akan sampai ke TETO tsb.

Oh ya, semua dokumen yang akan dilegalisir di TETO, harap difotokopi terlebih dahulu untk arsip. Perlu diperhatikan : Waktu penyerahan berkas dan pengambilan berkas di TETO berbeda. Teman-teman bisa menyerahkan berkas pada hari Senin-Jum’at pukul 08.30-11.30 dan pengambilan berkas dapat dilakukan pada hari Senin-Jum’at pukul 13.30-16.00. Proses legalisir di TETO memakan waktu 5-7 hari. Ini juga yang perlu dipertimbangkan. teman-teman butuh waktu yang cukup panjang jika mengurus berkas Visa sendiri (tanpa agen). Tapi demi pengalaman, apa sih yang enggak? hehehe,,, Buat teman-teman yang beragama islam, jika hendak mencari tempat shalat terdekat, bisa shalat di POLDA Metro Jaya yang letaknya tidak jauh dari halte POLDA.

Ketujuh, Wah, udah hampir finished nih… Tapi jangan anggap enteng yang satu ini menentukan kamu bakal berangkat atau ga, ke negara To Ming Tse F4 berada, hahahah,, ada yang menunggu berhari-hari, bahkan ada yang tidak lengkap secara administratif, ada juga yang hangus uangnya kalau ditolak permohonannya. Apakah itu? VISA. Beberapa hal yang harus dipatuhi untuk dapetin tuh VISA adalah sebagai berikut :

  1. Isi formulir permohonan VISA lengkap dengan tanda tangan pemohon dan lampirkan pas foto 4×6 cm (Foto Berwarna dengan Background Putih).
  2. Pastikan masa berlaku paspor minimal 12 bulan, kurang dari itu, perpanjang dulu ya Bro..
  3. Surat keterangan penerimaan dari kampus di Taiwan (LOA/Letter of Acceptance) yang asli dan fotokopi.
  4. Dokumen yang dilegalisir oleh TETO (Fotokopi ijazah dan transkrip legalisir NOTARIS, KEMKUMHAM, KEMLU, dan TETO, serta Hasil Medical Check Up (Tes Kesehatan) yang sudah di-Wa-marking dan dilegalisi TETO).
  5. Fotokopi Kartu Keluarga.
  6. Biaya Visa Rp. 650.000 (Terakhir 2013).

Nah, jika dokumen tersebut sudah siap, bisa diserahkan ke bagian aplikasi VISA STUDENT di TETO masih sama di tempat legalisir.

Ingat !!! Waktu penyerahan berkas dan pengambilan berkas di TETO berbeda. Teman-teman bisa menyerahkan berkas pada hari Senin-Jum’at pukul 08.30-11.30 dan pengambilan berkas dapat dilakukan pada hari Senin-Jum’at pukul 13.30-16.00.

VISA akan jadi setelah dua hari. Nah, setelah VISA jadi, jangan lupa diambil kembali ya dokumen yang dipakai untuk pengajuan sebelumnya. Kasih aja untuk TETO yang fotokopi kecuali hasil medical check-up (Tes Kesehatan) yang tidak bisa kita ambil.

YAKINKAN VISA SUDAH DALAM GENGGAMAN SEBELUM ANDA BERANJAK DARI JAKARTA !!!! oke….

Kedelapan, setelah paspor dan Visa di tangan, kita baru bisa melanjutkan ke tahap Ticketing. Teman-teman bisa memilih beberapa maskapai ini untuk berangkat :

  1. China Airlines, harga sekitar 250 USD, Bagasi 20 KG. Over bagasi : 17 USD/ Kg.
  2. Air Asia, Rp. 2.500.000, belum termasuk bagasi.
  3. Eva Air, sekitar Rp. 4.000.000, bagasi 20 Kg. Coba dicek lagi ya, masih operasi atau ndak ke Taiwan.
  4. Malaysia Airline, Rp. 2.500.000, Bagasi 30 Kg.
  5. Tiger Air, Rp. 2.500.000, Bagasi 20 Kg.
  6. Jet Star, Rp. 2.500.000, Bagasi 20 Kg.

Atau bisa juga kontak salah satu relasi kami di Panorama Tour dengan Mba Anas (bagian marketing dan pastinya cantik, hehehe,, ) di nomor +62 81 88 7956. Bisa juga di Vision Tour dengan Mas Andiya Rama Nugraha (Mas Nuga), bagian promosi dan lumayan ganteng. hehehehe,, di nomor + 62 856 9228 2048. Bilang aja minta tiket promo yang murah ke Taiwan untuk pelajar.

Masalah pengurusan KTP di Taiwan (Alliance Resident Card) dan asuransi kesehatan (National Health Insurance) dapat dilakukan selanjutnya sesampai di Taiwan.

Akhir kata, semoga menjadi pengalaman yang bermanfaat dengan manajemenisasi diri melalui proses, evaluasi, dan berbagi bersama.

“Do the right and Do the Thing Right”

“sesungguhnya Allah tidak akan memberikan ujian melebihi kemampuan hamba-Nya”

“Sesudah kesulitan pasti ada kemudahan”

“Berdo’a Berusaha Bercermin”

-Petarung Sejati atau Pecundang Sejati-

Further information : please contact us

Afrizal Firman, MBA

+886 975 395 907

Email (Fb) : afrizalfirma@yahoo.com

Skype : afrizal.firman

Ns. Nur Fithriyanti Imamah, S. Kep., MBA.

+886 975 483 115 (Wa only)

Fb : Nur Fithriyanti Imamah

Email : fithriimamah@gmail.com

Skype : fithriimamahumy

Note :

*Wa-Marking : Pengesahan yang dicap langsung ke documen asli oleh pihak notaris.

*Legalisir : Pengesahan yang dicap langsung ke document yang difotokopi untuk disahkan seperti dokumen aslinya oleh pihak notaris.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s